PERBEDAAN ANTARA SPIRITS, EPPS/PORTAL DAN ARCHON

Seorang calon keeper katakanlah sama seperti seorang klien yang membutuhkan bantuan asisten. Dalam perekrutan calon asisten yang bekerja untuk membantunya, tentu ia tidak asal merekrut jika tidak didasari pertimbangan informasi mengenai calon asistennya. Misalnya jika ia butuh asisten “bodyguard”, tentu ia akan memilih apakah sang pengawalnya itu setingkat “hansip”, prajurit biasa, Kopasus, atau sekelas Paspampres. Bagitupun dalam entitas keeping, seorang calon keeper hendaknya ia mengetahui sedikit banyak informasi mengenai entitas yang akan dikeepnya.

Bagi calon keeper yang masih belum begitu mengenal seluk beluk mengenai entitas keeping, disarankan untuk membaca pembahasan mengenai conjuration dan berbagai bahasan yang berhubungan dengan spirit di tulisan-tulisan sebelumnya. Setelah membacanya, maka akan menemukan istilah-istilah entitas: spirit, EPPS (Omnipresent Immortal Entity), dan Archon. Selanjutnya mungkin akan muncul pertanyaan apa perbedaan dari ketiga entitas itu, dan berikut sedikit penjelasan perbedaannya.

1. Archon

Secara hierarki Archon berada di urutan paling atas, yang menaungi EPPS dan Spirit. Archon menaungi keepernya tanpa perlu disummon. Archon adalah entitas yang eksklusif, jumlahnya lebih sedikit dibanding EPPS dan Spirit. Archon ini tak dapat dikeep sembarang orang, hanya bisa dikeep jika Archon sendiri yang memilih keepernya. Dari aspek power, Archon mempunyai power yang lebih besar dari EPPS dan spirit.

Satu Archon dapat dikeep oleh banyak keeper dan bermanifest di banyak tempat dalam waktu bersamaan. Dan untuk menaungi seseorang, Archon dapat dikeep melalui conjuration (dengan catatan Archon bersedia dan memilih sendiri calon keepernya), turunan leluhur, dan kebanyakan di sukai oleh entitas atau merasuk. Seorang calon keeper Archon untuk dapat mengkeep entitas ini, minimal ia sudah berpengalaman dan telah mengkeep beberapa EPPS dan Spirit terlebih dahulu.

Semakin tinggi tingkatan entitas semakin halus manifestnya. Karena eksklusif, Archon bermanifest tidak sesering EPPS dan Spirit. Dari aspek benefit, Archon memiliki lebih besar power untuk benefit dibanding EPPS dan Spirit. Karena power dan ekslusif, Archon ideal untuk eksekusi kebutuhan yang urgent dan sangat mendesak dengan tingkat kesulitan tinggi.

2. EPPS (Entitas Penjaga Portal Spirit)

OIE dikenal dengan entitas penjaga portal suatu dimensi astral yang membawahi ribuan bahkan jutaan legiun spirit kelas SSS. Spirit yang berada dalam naungan portal merupakan king / elder spirit yang membawahi ratusan bahkan ribuan follower. Secara hierarki EPPS berada di urutan kedua, di bawah naungan Archon, dan di atas spirit.

Hampir sama seperti Archon, EPPS dapat dikeep banyak orang dan bermanifest di banyak tempat dalam waktu bersamaan. Perbedaan dengan Archon, EPPS dapat dipilih seseorang untuk dikeep. Untuk mengkeep EPPS dapat ditempuh dengan conjuration. Selain itu, EPPS dapat merasuk pada seseorang untuk dikeep, juga dengan turunan leluhur.

Tingkatan power EPPS lebih besar dari spirit, dan lebih kecil dari Archon. Setiap EPPS rata-rata memiliki multibenefit satu hingga tiga benefit. EPPS ini ideal untuk eksekusi kebutuhan general, dengan tingkat kesulitan yang menengah dan cukup mendesak.

3. Spirit

Secara hierarki spirit menempati urutan ketiga paling bawah yang dinaungi oleh EPPS dan Archon. Spirit bisa dikeep oleh siapa saja melalui conjuration, summoning, turunan leluhur atau di sukai oleh spirit. Jumlah spirit lebih banyak dibanding EPPS dan Archon.

Tidak seperti EPPS dan Archon, satu spirit hanya bisa dikeep oleh satu orang keeper. Power spirit lebih kecil dibanding EPPS dan Archon, sehingga ideal untuk eksekusi kebutuhan yang simple dengan tingkat kesulitan yang rendah dan tidak mendesak.

Setiap spirit mempunyai keunggulan dan benefit tersendiri. Umumnya tiap spirit memiliki satu benefit major, namun tidak lebih banyak daripada benefit EPPS apalagi Archon. Spirit hanya dapat bermanifest di satu tempat saja pada satu keepernya.

Ada perbedaan penyebutan lagi, dimana ada istilah “spirit keeping” dan “entitas keeping”. Kalau spirit keeping pengistilahan ini lebih pada seseorang yang mengkeep spirit, sedangkan entitas keeping adalah pada seseorang yang mengkeep spirit, keep EPPS, atau keep Archon. Jadi dari bahasan di atas, entitas adalah mewakili dari ketiga makhluk astral yakni; spirit, EPPS, dan Archon.

Ketiga hal di atas adalah penjelasan yang cukup mewakili perbedaan antara masing-masing jenis entitas. Dari manifestasi visual, akan banyak perbedaan lagi, misalnya suatu entitas EPPS bisa saja bentuk visual yang nampak oleh mata bathin atau 3rd bisa berbeda dilihat oleh masing-masing keeper.

Masing-masing entitas pun memiliki karakter dan kekhasan yang berbeda-beda satu sama lain. Seperti planet-planet, atau jangan jauh-jauh seperti di muka bumi ini dimana banyak terdapat pulau, wilayah dan negara yang masing-masing dihuni oleh aneka rupa manusia dengan latar belakang ras dan suku yang berbeda-beda satu sama lain, di dimensi astral pun gambarannya seperti demikian. Di dimensi astral terdapat banyak portal alias gerbang ke sebuah dimensi astral yang dijaga oleh EPPS, yang didalamnya terdapat ras-ras spirit dengan jumlah tak terhingga.

Tentu lain versi supranatural, dan lain orang akan beda pandangan dalam mempersepsikan suatu entitas. Hal ini patut kita sikapi dengan bijak.

SALAM SILAHTURAHMI

Kang Sayyid

Advertisements

2 thoughts on “PERBEDAAN ANTARA SPIRITS, EPPS/PORTAL DAN ARCHON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s